Flutter Entertainment mengamankan £1,62 miliar akuisisi Sisal

Flutter Entertainment has acquired Italian online gaming operator Sisal, from CVC Capital Partners Fund VI for £1.62bn.

Flutter Entertainment telah mengakuisisi operator game online Italia Sisal, dari CVC Capital Partners Fund VI seharga £1,62 miliar.

Flutter Entertainment telah mendapatkan persyaratan untuk akuisisi operator game online Italia, Sisal, dari CVC Capital Partners Fund VI seharga £1,62 miliar.

Dijadwalkan akan selesai pada kuartal kedua tahun 2022, pembelian Sisal, yang dibayarkan secara tunai dan penuh, diharapkan akan menambah pendapatan yang disesuaikan dalam 12 bulan pertama setelah penyelesaian.

Selain itu, jumlah pembelian termasuk pembayaran penuh semua hutang Sisal setelah selesai dan akan dibiayai melalui fasilitas hutang Flutter tambahan, yang disepakati dengan Barclays Bank.

Transaksi ini bergantung pada izin kontrol merger dan permainan biasa dan persetujuan investasi asing.

Mengomentari akuisisi tersebut, Peter Jackson, kepala eksekutif Flutter, menyatakan: “Saya senang untuk menambahkan Sisal, merek game terkemuka Italia, ke grup karena kami ingin meraih posisi medali emas di pasar Italia.

“Untuk beberapa waktu kami ingin mengejar peluang pasar ini melalui strategi omni-channel dan akuisisi ini idealnya akan memposisikan kami untuk melakukannya. Sisal telah mengembangkan kehadiran onlinenya secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dibantu oleh platform miliknya dan komitmennya terhadap inovasi.

“Saya senang melihat bagaimana Flutter dapat melengkapi kemampuan ini melalui skala, produk yang berbeda, dan kemampuan operasional kami. Kami berharap dapat menyambut Francesco dan seluruh tim Sisal di Flutter pada 2022.”

Dalam 12 bulan hingga Desember 2021, operator yang berkantor pusat di Milan mengharapkan untuk menghasilkan EBITA sebesar €248 juta/£211 juta, dengan 58 persen berasal dari penawaran online dan sisanya berasal dari kombinasi operasi ritel dan lotere.

Sekitar 90 persen dari EBITDA 2021 Sisal dihasilkan di Italia dengan sisanya berasal dari operasi lotere yang diatur di Turki dan Maroko.

Flutter telah menyatakan bahwa penggabungan Sisal akan memberikan “beberapa hasil strategis utama”, bersama dengan memperkuat pijakan Italia dengan membangun pangsa pasar 20 persen dalam kombinasi dengan Betfair dan PokerStars.

Perusahaan lebih lanjut menyoroti bahwa pandemi COVID-19 telah membuat GGR Italia berlipat ganda dari 10 persen pada 2019 menjadi 20 persen pada 2021 – menjadikan sektor ini terbesar kedua di Eropa setelah Inggris – meskipun mengakui bahwa tingkat penetrasi online ‘jauh di bawah ‘ Inggris dan Australia.

Namun, peningkatan migrasi konsumen dari ritel ke vertikal online sebagai akibat dari penguncian COVID-19 dapat mengimbangi rintangan komersial ini, sementara pasar nasional secara keseluruhan diperkirakan mencapai £3,6 miliar pada tahun 2024, setara dengan pertumbuhan tahunan gabungan lima tahun sebesar 18 persen.

Francesco Durante, CEO Sisal, menambahkan: “Selama lima tahun terakhir, berkat dukungan CVC, kami telah berhasil mengubah Sisal menjadi perusahaan game digital dan internasional terkemuka.

“Melalui komitmen kami terhadap inovasi digital, ekspansi internasional, dan perjudian yang lebih aman, kami telah mencapai posisi kepemimpinan di pasar game online Italia dan mengembangkan jejak global kami dengan memenangkan tender lotere di Maroko dan Turki.

“Kami senang bergabung dengan Flutter dan yakin bahwa melalui skala dan kemampuan operasionalnya, kami akan dapat lebih memperkuat kepemimpinan kami di pasar tempat kami beroperasi. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Peter dan tim di babak selanjutnya dari Sisal sejarah.”

Sisal mengharapkan untuk melaporkan pendapatan, setelah dikurangi bea game, sebesar £590 juta pada tahun 2021. Selanjutnya, ia memperkirakan EBITDA konsolidasi sebesar £211 juta, 90 per cnet di antaranya akan berasal dari operasinya di Italia – online: 59 persen, ritel: 31 per sen.

“Kami sangat bangga dengan keberhasilan yang dicapai oleh Sisal dan transformasinya sejak akuisisi kami pada tahun 2016,” Giampiero Mazza, Managing Partner di CVC Italy, menyimpulkan. “Melalui investasi besar dalam kompetensi digitalnya, Sisal telah menjadi pemimpin Italia dalam game online sambil juga mengembangkan operasi internasionalnya. Selain itu, perusahaan ini memimpin industri Italia dalam memastikan permainan yang bertanggung jawab dan aman.

“Kami ingin berterima kasih kepada Francesco dan seluruh tim manajemen atas dedikasi, fokus, dan ambisi mereka yang luar biasa, dan untuk memimpin perjalanan yang sukses ini terlepas dari tantangan regulasi dan pandemi.

“Flutter adalah mitra baru yang fantastis untuk Sisal dan kami mendoakan yang terbaik untuk mereka.”

Author: Herman Hudson